Kisi-Kisi UAS Genap Seni Budaya
Kisi-Kisi UAS Genap
SENI BUDAYA
Kelas XII – Tahun Pelajaran 2016/2017
1.
Sebutkan urutan perencanaan pameran!
a)
Menentukan
tujuan
b)
Menentukan
tema
pameran
c)
Menyusun
kepanitiaan
d)
Menentukan
waktu
dan tempat
e)
Menyusun
agenda
kegiatan
f)
Menyusun
proposal
kegiatan
2.
Apa tujuan dari pameran pendidikan seni rupa?
→ mendapat apresiasi
dan tanggapan dari pengunjung untuk meningkatkan kualitas berkarya selanjutnya
3.
Tugas-tugas dari kepanitiaan pameran:
Panitia
|
Tugas
|
Panitia
|
Tugas
|
Ketua
|
- Memimpin
penyelenggaraan pameran
- Bertanggung
jawab terhadap kelancaran pameran
- Mencari
solusi untuk menyelesaikan masalah sejak perencanaan hingga pelaksanaan
pameran
|
Sie Perlengkapan
|
- Mengatur
berbagai perlengkapan (alat dan fasilitas) yang digunakan dalam pameran
- Mempersiapkan
tempat penyelenggaraan pameran
|
Wakil Ketua
|
- Pendamping
ketua
- Bertanggung
jawab atas kepengurusan
- Melancarkan
kegiatan seksi-seksi
- Melaksanakan
tugas ketua apabila ketua berhalangan hadir
|
Sie
Publikasi-Dokumentasi
|
Publikasi:
juru penerang kepada umum melalui berbagai media (surat pemberitahuan,
spanduk, poster, katalog, undangan)
Dokumentasi:
mengumpulkan hasil pemotretan kegiatan
|
Sekretaris
|
- Menulis
seluruh kegiatan panitia selama penyelenggaraan pameran
- Membuat
surat pemberitahuan kepada instansi terkait
- Mengarsipkan
surat-surat penting
- Membuat
laporan kegiatan pameran
|
Sie Dekorasi-Penataan
Ruang
|
- Mengatur
tata ruang pameran
- Menghias
ruang pameran
- Mengatur
denah dan penempatan karya
|
Bendahara
|
- Bertanggung
jawab atas penggunaan, penyimpanan, dan penerimaan uang
- Menyusun
LPJ atas penggunaan dan pengelolaan keuangan
|
Sie Stand
|
- Menjaga
kelancaran pameran
- Mengarahkan
pengunjung dari masuk hingga keluar
|
Sie
Kesekretariatan
|
Membantu
sekretaris dalam pembuatan dokumen tertulis (surat, proposal, catatan selama
proses pameran)
|
Sie
Pengumpulan dan Seleksi Karya
|
- Melakukan
pencatatan dan pendataan karya (nama, judul, tahun pembuatan, kelas, harga)
- Melakukan
pemilihan karya yang akan dipamerkan
|
Sie Usaha
|
Membantu
ketua dalam pencarian dana atau sumbangan dari berbagai pihak
|
||
Sie Keamanan
|
Menjaga ketertiban dan keamanan lokasi
|
Sie Konsumsi
|
Menyediakan dan mengatur konsumsi dalam kegiatan
pameran
|
4.
Apa sifat/sikap yang dimiliki oleh panitia pameran?
a)
Ketua :
tegas, jujur, sabar, bijaksana, tanggung jawab, mampu berkomunikasi dan bekerja
sama
b)
Wakil Ketua :
tegas, jujur, sabar, tanggung jawab
c)
Bendahara :
jujur, teliti, cermat, sabar, tidak boros, dan bertanggung jawab
d)
Sie stand :
ramah, sopan
5.
Apa susunan dari proposal pameran?
a)
Latar
belakang
b)
Tema
c)
Nama
kegiatan
d)
Landasan/dasar
penyelenggaraan
e)
Tujuan
kegiatan
f)
Susunan
panitia
g)
Anggaran
biaya
h)
Jadwal
kegiatan
i)
Ketentuan
sponsorship
6.
Apa fungsi dari:
Benda
|
Fungsi
|
Meja
display
|
Menyimpan
dan menempatkan karya 3D (patung, kerajinan, dsb)
|
Panil
|
· Menempelkan karya 2D (lukisan,
gambar, dsb)
· Sebagai penyekat ruangan
|
Poster
|
Menginformasikan
kegiatan pameran yang akan dilaksanakan
|
Lampu
penerangan
|
Memperjelas
karya yang dipamerkan
|
Sound
system
|
Digunakan
dalam pembukaan, dan untuk memperdengarkan musik instrumental (mendukung
suasana pameran sehingga pengunjung merasa nyaman)
|
Pot
bunga
|
Memperindah
dan menyegarkan ruangan
|
7.
Apa isi dari:
Benda
|
Isi
|
Buku
tamu
|
No,
nama, alamat/asal kelas/asal sekolah, tanda tangan
|
Buku
kesan dan pesan
|
Tanggal,
tanggapan pribadi pengunjung, identitas seperlunya
|
Katalog
|
Identitas
seniman dan karya, kuratorial penyelenggara pameran
|
Folder
|
Nama,
judul karya, tahun, teknik, media, harga
|
8.
Bagaimana
prosedur penataan ruang pameran (dipelajari)
§
karya
dengan komposisi warna kuat hendak tidak didekatkan dengan karya dengan
komposisi warna lemah,
§
karya
dengan komposisi warna yang kurang hendak tidak diletakan pada ruang yang
sedikit sinar karena akan semakin memperlemah warna yang ada,
§
pemberian
cahaya lampu jangan sampai menyilaukan mata atau mengganggu pandangan orang
yang melihatnya,
§
pemasangan
karya hendaknya sejajar dengan pandangan mata, tidak terlalu tinggi atau terlalu
rendah,
§
pemasangan
karya yang lebih tinggi dari penikmatnya harus dibuat condong ke bawah agar
mudah dinikmati,
§
letakan
beberapa pot bunga dan tanaman untuk memperindah dan menyegarkan ruangan,
§
letakan
karya tiga dimensi pada tempat yang bisa dilihat dari berbagai sudut pandang,
§
pengelompokan
karya harus memperhatikan ukurannya,
§
jika
tidak ada AC perlu menempatkan kipas angin untuk menghilangkan suasana panas,
§
sediakan
tempat sampah untuk menjaga kebersihan
9.
Buatlah denah penataan arus pengunjung pada ruang pameran!
Ruang Satu Pintu
Ruang Dua Pintu
10.
Bagaimana prosedur penempatan karya 3D?
→ Penataan karya yang
dipamerkan dilakukan berdasarkan jenis, ukuran, warna,
tinggi-rendah
pemasangannya
11.
Bagaimana penataan pencahayaan dalam ruang pameran?
a)
Khusus
→
pencahayaan terhadap karya menggunakan spot
light
b)
Umum
→ pencahayaan ruang pameran untuk kepentingan pengunjung membaca
katalog/folder, dsb.
12.
Sebutkan jenis karya 2D dan 3D!
2D → hanya dapat dilihat dari depan
(cth: lukisan, poster, desain grafis, dsb.)
3D → dapat dilihat dari berbagai
arah (cth: patung, ukiran, kriya, kerajinan, dsb.)
13.
Carilah contoh karya seni murni dan karya seni rupa terapan!
Seni murni → lukisan, patung, kaligrafi
Seni terapan → meja ukir,
kursi ukir, poster, reklame
14.
Jelaskan dan berikan contoh jenis karya yang menggunakan prinsip
keseimbangan!
Keseimbangan adalah upaya
penciptaan karya yang memiliki daya tarik visual, keseimbangan
berhubungan dengan penempatan unsur visual, keterpaduan unsur, ukuran, dsb.
Prinsip keseimbangan memberikan
efek:
§
Formal
(simetris)
§
Informal
(asimetris)
§
Statik
(piramid)
§
Dinamik
(bola)
§
Memusat
§
Memencar
15.
Pelajari materi diskusi tokoh!
a)
Grant
Wood → teknik plakat
(umumnya bertemakan kehidupan sehari-hari)
b)
Norman
Rockwell → teknik plakat (umumnya
bertemakan sosial)
c)
James
Montgomery → teknik plakat dengan tambahan
tulisan (digunakan sebagai poster)
16.
Jelaskan dan berikan contoh dari seni kriya, seni patung,
instalasi!
17. Pelajari materi diskusi (bagaimana membandingkan karya?)
a)
Tema
b)
Teknik
c)
Objek
Visualisasi
(unsur rupa)
Makasih gan
BalasHapusYOTAM YOTAM YOTAM LEBIH DARI TV BOOOO.MMMMMMMMM #BOOM#YOTAM#SEVONE
BalasHapusMakasihhhhhhhhhh
BalasHapusMantabb yotammm
BalasHapusYOTAM YOTAM YOTAM LEBIH DARI TV BOOOO.MMMMMMMMM #BOOM#YOTAM#SEVONE
BalasHapusIjin ninggal jejak gan
BalasHapus